lundi 19 décembre 2011

En hommage

Datang juga hari ketiga MOS SMP Negeri 1 Surabaya, 2006
MOS yg membuka mataku : ini lho dunia yg baru. Sekolah negeri.
Hari2 aku tau, resep rahasia sekolah dasar negeri yg oh, miris.
Hari2 aku baru tahu, aku dgn segala usahaku di UKM 2006 cuma dapet tempat di kelompok 8, ranking 316.
Hari pertama, aku mendengar doa dari pusat.
Lho, ini sekolah negeri kan? Perasaan bukan MTs.
*ups
Saat pertama aku begitu nggetu menyanyikan sebuah mars.
Meresapinya, berjanji.
Waktu itu aku belum tau apa itu almamater.

Puncak segala kekolerisanku. Atur sana sini buat pentas kelompok
Aku main biola, seseorang main gitar, nisa main pianika
Main lagu terimakasihku kuucapkan, pada guruku yg tulus (lupa judulnya)
Habis main, disuruh tinggal di depan sama bapak2 yg kata keluargaku, Pak Benny manuputty
Guru musik spensa sejak jaman mamaku, omku di spensa
Sahabat baik nenekku
Kami sekeluarga dipanggil 'Bali'
Omku, Ketut, dipanggil 'Tutter' entah apa artinya dr bhs belanda
'kamu, main terus,' katanya
Waktu aku sebutkan nama nenekku, beliau kaget, aaaah km cucunya beliau
Wah, kereng abis, tp sangaat. I like him

Kelas 7 aku ikut ekskul teater yg dibina pak tris (entah gmn kabar beliau, beliau hebaaaaat bgt, pake asisten krn beliau udh terlalu lanjut)
Dan ekskul bina musika&vokalia, pembinanya pak benny
Seringkali ga ada ekskul gara2 beliau sibuk ngurusi drumband.

Gara2 ikut osis, aku disuruh ngiringi mars smpn 1 sby buat adik2 baru
Alangkah bangganya. Suatu kehormatan besar.
Gara2 band juga sering audisi sm beliau. Gara2 osis, disuruh ngangkatin peralatan drumband di bawah teriakan beliau.
Oke kami tulang punggung sekolah (tarik napas dalam)

Mulai kelas 8, krn beliau yg ngajar seni musik, kelas 7 kyknya pak herman deh.. Entah lupa.
Disuruh ngiringi indonesia raya Dan mengheningkan cipta hampir tiap senin.
Khusus mars smp 1 cuma beliau yg boleh ngiringi, dgn intro yg khas.
Jeng, jengjeng, jengjengjengnjengjengjengjeng
I love it. Dgn keyboard Roland tuanya yg udah gemeteran kena jari2nya pak benny Dlm permainannya yg penuh energi

Waktu detcon, beliau juga nyuruh main biola.
Pokoknya buanyaaaak bgt kesempatan yg beliau kasih ke aku.
Bahkan sampe kelas 9, masih disuruh main waktu LDK
Aku inget, waktu LDK kls 8, waktu penjelajahan, beliau ngasih kami biskuit belanda
Beliau segar bugar, kami yg muda2 udh pegel ga karman hbs penjelajahan

Menurutku, beliau org yg bener2 disipilin, berprinsip kuat
Segela kekerasannya beralasan.
Kecintaannya pada spensa begitu besar.
Masih actif mengajar di usa tek produktif.
Wawasannya luas. Logis. Hatinya peka Dan lembut.

Sering waktu main ke spensa
Jujur bukan main, waktu minta légaliser buat daftar afs
Kita semua salim ke beliau
'kelas brapa km,Bali? SMA mana toh?'
'sma 5 pak'
Liât beliau manggut2 senyum, rasa yg tak terbayar.
Lalu serti biasa beliau menutup pembicaraan dgn tanya kabar keluarga Dan sala m

Sebelum berangkat ke sini,
Agustus lalu, keberangkatanku ditunda
Drpada ngowoh, aku dateng ke buber osis spensa, cuma berdua sm nandya
Sempat pamitan sm beliau.

Pak benny, saya bangga jd murid bapaaak.
Huhuhuhuhhuhu sedih.
Tuhan memberkati bapak. Semua cinta bapak.
Kata2 bapak yg keras Dan suasana hati bapak yg gabisa ditebak, semuanya spesial.
Terima kasih banyak, pak.

Ya Tuhan, terimalah ia dlm pelukanMu yg hangat, Dan sampaikanlah postcardku padanya.

-Bali-

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire